Monday 29 October 2012

Kata, Waktu Essai-essai Goenawan Mohamad

ReviewReviewReviewReviewReview
Jan 24, '11 2:32 PM
for everyone
Category:Books
Genre: Other
Author:Goenawan Mohamad
41 tahun, 1500 halaman, 650 tulisan, seorang penulis. Tiga minggu, 14 catatan kecil, berpikir keras untuk mengerti, seorang pembaca.

Bagi si pembaca yang gemar tertawa, lebih suka bersenang-senang daripada berpikir, memasuki putaran arus kata-kata bermakna membuat otaknya bekerja lebih keras melahap, mengunyah, dan kemudian mencerna. Namun hanya beberapa persen yang bisa dia mengerti. Mungkin butuh 3 x 3 minggu lagi untuk kemudian memahami dunia dari sudut pandang si penulis.

Arus yang di masuki si pembaca berbeda dari realita kehidupan dia setiap hari. Hedonis, hura-hura, fanatisme tak berdasar, menelan bulat-bulat. Dan kemudian dia disuguhi pertanyaan-pertanyaan yang kata pengantar dari buku ini menggelitik, walaupun adanya ragu. Dunia Sastra, Nasionalisme, Islamisme, Marxisme, Sosialis, Kolonialisme, Revolusi, dan segala tetek bengek dunia, seni, sejarah, pendidikan, politik.

Kata, Waktu sebagian besar dari buku ini di ambil dari Catatan Pinggir, yang diterbitkan oleh Majalah Tempo. Dan setelah 2001 sampai sekarang pun Catatan Pinggir masih setia menemani pembacanya.

Membaca buku ini membuka khasanah berpikir, setidaknya bagi si pembaca. Tiba-tiba di suguhkan sejarah dari sudut pandang yang berbeda yang pernah di baca. Kemudian di beri keindahan dengan sajak-sajak penyair yang baru di ketahui si pembaca. Mempertanyakan agama, menggandrungi Tuhan dengan cara yang di anggap aneh. Merasakan penderitaan akibat dari Revolusi, Komunis. Bertemu dengan orang-orang yang meninggalkan sejarah dan luka bukan hanya pada satu negeri tapi lebih universal. Dan begitu banyak istilah yang tak bisa dimengerti kecuali jika kau memegang kamus di tangan kirimu, dan buku ini di tangan kananmu. Atau mungkin kapasitas otak si pembaca yang kecil dan sempit sehingga tak bisa menangkap pemikiran orang-orang besar. Mungkin "Kata" dan "Waktu" yang akan mengajarkan kita untuk lebih arif memahami dan melakukan.

Tidak semua yang di tuliskan oleh seorang penulis dapat kita benarkan, tapi yang pasti (bagi saya) si penulis pasti akan membuka jalan bagi kita untuk kemudian bergulat dengan dunia kita sendiri, mencari jawaban dengan berbagai cara, dan pada akhirnya kita renungkan bahwa hasil pencarian tersebut berbeda bagi tiap pembaca. Mungkin saja dalam mencari kita akan ragu, terombang-ambing mengiyakan pendapat lain, tidak tegas, tapi kita melalui suatu proses yaitu "berpikir". Itulah yang di dapatkan si pembaca dari buku ini.

Menulis, menghasilkan sebuah prosa atau puisi yang terbaik dari diri kita, adalah proses yang minta pengerahan batin. Dalam pengerahan batin itu seorang seakan-akan menghadapi dirinya sendiri, seakan bercermin. Si penyair mungkin tak akan tahu apakah yang ditulisnya nanti jelek, tapi nanti ia akan tahu apakah yang ditulisnya palsu. Ia tak akan bisa berbohong. Ia harus otentik. H.B.Jassin

Untuk sebuah pengetahuan yang tidak sesat dan menyesatkan, orang tak dapat berdiri hanya di pinggir. -Pengantar Kata, Waktu-

Pada akhirnya si penulis dengan segala komitmen dan keterlibatannya, berpuluh-puluh tahun dan deadline yang mengejar, menyuguhkan suatu dunia baru dalam sebuah tulisan panjang atau pendek. Dunia untuk kemudian mencerna keraguan, mempertanyakan sebuah arti, menikmati kehidupan secara sederhana.

Sponsored Links
Low Prices on Shoes, Jewelry, Clothing, Food, Accessories, T-Shirts, Electronics and much more. Safe Shopping from friendly, trusted sellers. Great deals on local items.
 

6 CommentsChronological   Reverse   Threaded
Add a Comment
How would you rate this book? (optional)

0 out of 5 stars
   
amathonthe wrote on Jan 24, '11
Iya mbak betul, mungkin beberapa kali baca lagi baru paham esensinya...
malambulanbiru wrote on Jan 24, '11
Ini buku yang harus dan bisa dibaca berkali-kali biar bisa bener2 paham dan apal
amathonthe wrote on Jan 24, '11
keren,1500 halaman
Berat....Bisa buat lempar maling ini buku.
ramarizana wrote on Jan 24, '11
keren,1500 halaman
amathonthe wrote on Jan 24, '11
segera berburrrrruuuuu....
lagi berburu info buku bagus untuk bisa dibaca akhirnya nemu ini.
Makasih infonya mba fitri :)
Selamat berburu, kalo nemu buku aslinya kasih tau aku ya, soalnya ini buku copy susah nyarinya....
pondokkata wrote on Jan 24, '11
segera berburrrrruuuuu....
lagi berburu info buku bagus untuk bisa dibaca akhirnya nemu ini.
Makasih infonya mba fitri :)

No comments: