Wednesday 29 August 2012

Perempuan dan Rokok

Dec 31, '09 9:50 PM
for everyone
 
Aku berada ditengah keramaian perempuan-perempuan pecinta rokok.
Aku benci rokok tapi tak bisa membenci perempuan-perempuan perokok ini.

Rokok sepertinya masalah bagi semua orang. Pembunuh diam-diam no.1. racun yang disenangi.
Dan perempuan yang merokok, begitu banyak pandangan berbeda tentang perempuan-perempuan ini.

Tapi menurutku biasa saja seorang perempuan merokok. Lebih berbahaya iya dapat mengganggu janin tapi toh gak mungkin seorang perokok tidak mengetahui bahaya rokok dengan begitu banyaknya pengetahuan tentang rokok ini.

Dikeluargaku, yang merokok hampir semuanya perempuan. Termasuk mamaku. Dan anehnya suami mereka ataupun pasangan mereka tidak merokok. Babe tidak pernah sekalipun menyentuh rokok ini. Tapi dia membiarkan saja mama merokok.

Walaupun diriku bermasalah dengan paru-paru ditambah dengan asap rokok yang dihirup sedari bayi mama tak pernah merelakan rokoknya.

Suatu hari sewaktu masih smp, diriku dan mama duduk berhadap-hadapan dimeja makan karena ga tahan dengan asap rokoknya seorang remaja yang kalo ngomong ga tau aturan, kunasehati aja mama panjang lebar dan sebagai balasannya sebuah gelas meluncur kearah mukaku..kena hidung dan sakit. Dan untungnya itu cuma gelas plastik yang ada dihadapannya, gak kebayang deh kalo gelas kaca. tak ada kata tobat dalam menasehati mama, tapi karena udah capek ya udahlah biarkan saja dia merokok. Sebagai gantinya aku yang sering menjauh kalo mama udah merokok.


Kupikir kalau aku kuliah nanti dan ngekos sendiri bakalan bebas dari asap rokok. Ternyata aku dibekali asbak, barang pertama yang dibeli mama ketika aku pertama kali ke Jogja. Ditinggalin dan kemudian sekarang hilang setelah dipakai temenku.

Ternyata aku memang berjodoh dengan rokok, karena setelah ngekos anak-anak kosnya pada perokok semua, Parah deh. Sebenarnya sebel banget tapi lagi-lagi karena sudah terbiasa jadi malas nasehatin.

Pertamanya mereka pada sembunyi-sembunyi tapi gara-gara ngeliatin asbak mamaku, eh malah pada duduk bareng ngerokok. Gubrak deh. Dan ternyata aku baru tau kalo di Jawa itu cewek merokok masih kelihatan seperti cewek nakal(ga semuanya sieh). Mungkin karena dibesarkan dikeluarga perempuan perokok aku merasa itu biasa aja. Hanya sebuah kebiasaan dan kebudayaan.

Satu lagi hal yang paling tidak kusukai adalah, teman-temanku sering mengambil asbak sewaktu mereka clubbing. Rokok benar-benar racun yang aneh.

Rata-rata perempuan-perempuan ini merokok untuk menghilangkan stres. Teman yang lebih dekat daripada kita sendiri. Mereka semua punya keinginan untuk berhenti tapi susah sekali dan tekadnya selalu terkalahkan dengan rokok itu sendiri. Sayang sekali usahaku untuk membantu mereka mengurangi rokok tak pernah berhasil karena mereka jika ada masalah larinya ke rokok.

Aku sendiri tak tahu solusi apa yang harus dilakukan  agar perempuan-perempuan ini mau meninggalkan rokok mereka, mau marah-marah juga percuma. Walaupun diriku punya hak dalam menghirup udara segar dan mereka sudah merampas hak ini, aku lebih memilih jalan terbaik untuk menjauh dari mereka saat merokok. Masih ada lahan udara segar lainnya daripada harus banyak cekcok.
Sponsored Links
Low Prices on Shoes, Jewelry, Clothing, Food, Accessories, T-Shirts, Electronics and much more. Safe Shopping from friendly, trusted sellers. Great deals on local items.
 

22 CommentsChronological   Reverse   Threaded
Add a Comment
   
amathonthe wrote on Jan 5, '10
mutitem said
Jadi lapar-ngudut lebih dalam dari lapar-makan.
iya,,hehee,,,kalo buka puasa aja minum air putih langsung ngudut
mutitem wrote on Jan 5, '10
yups itu betul...
mending gak makan daripada gak merokok kata mereka
Jadi lapar-ngudut lebih dalam dari lapar-makan.
amathonthe wrote on Jan 5, '10
mutitem said
Kalau mreka sdiri ngga mau brenti, ya percuma kata pa pun.
(Sluruh badan dan rasa mreka srasa klaparan kalau blum ngudut).
Ya lebih baik njauh dari cekcok.
yups itu betul...
mending gak makan daripada gak merokok kata mereka
mutitem wrote on Jan 4, '10
apa yang harus dilakukan agar perempuan-perempuan ini mau meninggalkan rokok mereka,
Kalau mreka sdiri ngga mau brenti, ya percuma kata pa pun.
(Sluruh badan dan rasa mreka srasa klaparan kalau blum ngudut).
Ya lebih baik njauh dari cekcok.
amathonthe wrote on Jan 4, '10
mooncatz said
aku juga ngga suka rokok :( sabar yaa. menjauh kalau mereka2 sudah merokok, karena rokok lebih berbahaya bagi perokok pasif dibandingkan dengan perokok aktif itu sendiri..
iya sebeneranya kita2 sebagai perokok pasif emang patut dikasihani,,,yah emang menjauh cara terbaik
mooncatz wrote on Jan 4, '10
aku juga ngga suka rokok :( sabar yaa. menjauh kalau mereka2 sudah merokok, karena rokok lebih berbahaya bagi perokok pasif dibandingkan dengan perokok aktif itu sendiri..
amathonthe wrote on Jan 3, '10
rida044 said
ya...ya..., sama..., kadang sampe stress dw ngingetin temen(cewek) biar g ngrokok lagi...hmmm
betul betul betul,,,,,
rida044 wrote on Jan 2, '10
ya...ya..., sama..., kadang sampe stress dw ngingetin temen(cewek) biar g ngrokok lagi...hmmm
amathonthe wrote on Jan 2, '10
masfathin said
baca judulnya, wwwwwoooooowwww
kenapa wowwwww fathin???
masfathin wrote on Jan 2, '10
baca judulnya, wwwwwoooooowwww
amathonthe wrote on Jan 1, '10
aishachan said
huaaaa pake masker aja?
trus jadi ninja asasin ya,,haha,,,yang ada ku kagak bisa napas,,megap-megap,,ampuun
amathonthe wrote on Jan 1, '10
Rokok itu nyandu, seperti alkohol
Tapi alkohol masih bisa diberhentikan,,temenku kecanduan alkohol dan merokok bisa berhentiin candu alkoholnya tapi candu rokoknya gak bisa
amathonthe wrote on Jan 1, '10
aku juga punya teman2 yang perokok...
nyebelin juga, tapi kadang udah males ngingetinnya...
ya udah, kadang aku yg ngejauh aja kalau mereka mulai ngerokok.
lama2 mereka ngerasa, jadinya pas lain kali mau ngerokok, pasti bilang dulu. maksudnya ngusir aku kali ya???? hehehehe...

tapi, mungkin juga mereka pakai nanya ke aku, "boleh nggak ngerokok di sini?" karena mukaku galak kali ya?? atau tampak penyakitan...??
waaah mba aku kalo ditanyain boleh gak ngerokok disini,,malah mereka jawab sendiri, boleh ga boleh sutralah ya,,,
ya akhirnya ku yang ngalah hehe

yee,,masal sieh mba Isti galak?kesan pertama kayaknya gak deh,,,penyakitan gak juga wong mukanya cerah ceria juga,,ehhee,,mungkin mereka lebih sayang ma mba Isti jadi nanya dulu
amathonthe wrote on Jan 1, '10
Yup mbak sama, beberapa temen deket aku juga pecandu rokok parah.... susah bgt ngasih tau mereka ttg bahaya rokok.....untungnya dulu ada seminar ttg bahaya rokok lupa nama LSMnya yg inget cuma ada fuad baradja pembicaranya disitu.... dipaparin jelas dari A-Z ttg rokok...... bahkan ada yg di terapi juga...... syukur temenku yg 2 udah bisa bebas dari rokok ^_^
waaaah terapinya di Jogja ada gak ya,,mau aku terapi temen-temenku juga,,emang harus sama yang ahli,,
amathonthe wrote on Jan 1, '10
wah emaknya perokok ternyata.. pasti niru deh..
met taon baru ya dinda.. semoga lebih baik di tahun yad..
iya,,,,tapi alhamdulillah aku dan adikku ga suka rokok abisnya males liat emak ngerokok terus,,,

makasih ya mba Tin,,moga mba Tin juga sukses terus,,Met taon baru juga
amathonthe wrote on Jan 1, '10
Hwaaaaaa....menakutkan...C#
racun rokoknya apa perempuannya yang menakutkan.... inilah dunia nyata
aishachan wrote on Jan 1, '10
huaaaa pake masker aja?
malambulanbiru wrote on Jan 1, '10
Rokok itu nyandu, seperti alkohol
chibihimawari wrote on Jan 1, '10
aku juga punya teman2 yang perokok...
nyebelin juga, tapi kadang udah males ngingetinnya...
ya udah, kadang aku yg ngejauh aja kalau mereka mulai ngerokok.
lama2 mereka ngerasa, jadinya pas lain kali mau ngerokok, pasti bilang dulu. maksudnya ngusir aku kali ya???? hehehehe...

tapi, mungkin juga mereka pakai nanya ke aku, "boleh nggak ngerokok di sini?" karena mukaku galak kali ya?? atau tampak penyakitan...??
mukennacantik wrote on Jan 1, '10
Yup mbak sama, beberapa temen deket aku juga pecandu rokok parah.... susah bgt ngasih tau mereka ttg bahaya rokok.....untungnya dulu ada seminar ttg bahaya rokok lupa nama LSMnya yg inget cuma ada fuad baradja pembicaranya disitu.... dipaparin jelas dari A-Z ttg rokok...... bahkan ada yg di terapi juga...... syukur temenku yg 2 udah bisa bebas dari rokok ^_^
tintin1868 wrote on Dec 31, '09
wah emaknya perokok ternyata.. pasti niru deh..
met taon baru ya dinda.. semoga lebih baik di tahun yad..
bleruangke wrote on Dec 31, '09
Hwaaaaaa....menakutkan...C#

No comments: