Thursday 27 September 2012

Setengah Bhinneka Tunggal Ika


Dec 31, '11 8:41 PM
for everyone
 
Jadi, karena sekarang liburan sekolah, saya ditemani bermain tetangga-tetangga kecil dekat kos saat sore. Niatnya saya sih olahraga, main lompat tali (skipping) sama berlari-lari sai depan kos. Karena lompat tali inilah tetangga-tetangga kecilku ikutan olahraga.

Tiwi (8tahun), kakaknya Adib(6tahun) yang paling sering main sama saya. Adik Adib juga main tapi sesekali karena ia memilih main sama Adik Say(3tahun) depan kos.

Suatu saat Tiwi membawa temannya yang baru saya kenal. Anaknya penjaga kos Nakula, namanya Bila. Kosnya ya agak jauh dikit kalo dari kos saya, jadinya saya tak tahu anak ini.
Setelah beberapa saat main, saya sadar bahwa Bila gak mau kalah sama Tiwi, dengan sikap bossy anak-anaknya tiap kali Tiwi mengatakan sesuatu pasti Bila melebih-lebihkan keadaannya sendiri.

Bila, menanyakan asal kami (saya dan teman-teman kos), ada yang dari Wonosobo, Balikpapan, Ternate. Kemudian Bila bilang bahwa orang tuanya ada darah Maluku, Kalimantan, Jawa, neneknya berdarah ini itu sampai saya lupa sendiri dia sebutin semua propinsi se-Indonesia. Entah siapa yang nyeletuk muncullah istilah keturunan satu Bhinneka Tunggal Ika. Nah loh jadi artinya gimana?

Kemudian, Tiwi dengan polosnya bilang, aku keturunan setengah Bhinneka Tunggal Ika? Apa pula ini maksudnya? Maka kami cuma ketawa aja mendengar penjelasan Tiwi, kan aku gak punya semua darah dari tiap daerah (kurang lebih begitu maksudnya), jadi setengahnya aja. Setahu saya Tiwi ada keturunan Sunda, Makassar, Madura.Jadi karena itu dia bilang cuma setengah Bhinneka Tunggal Ika.

Jadi pada intinya, saya sekarang bingung dengan arti Bhinneka Tunggal Ika. hehehe
Sponsored Links
PENGEN KULIT PANTAT, KETIE, SELENGKIE, LUTUT KITA MULUS DAN HALUS? BEBAS MENGANGKAT DENGAN PD KETIE KITA DAN BEBAS MEMAKAI SHORTS PIKA BODY CARE SERIES SOLUSINYA ~Japan
 
Low Prices on Shoes, Jewelry, Clothing, Food, Accessories, T-Shirts, Electronics and much more. Safe Shopping from friendly, trusted sellers. Great deals on local items.
4 CommentsChronological   Reverse   Threaded
Add a Comment
   
amathonthe wrote on Dec 31, '11
lafatah said
So that's why saya selalu penasaran celetukan apa lagi yang dilontarkan oleh anak Mbak Gita Lovusa, si Chacha, juga dua anak Mbak Dian Mardi, si Alfan dan Abyaz.
Soalnya, kreatif dan thought provoking :D
Huhuhu, berarti sekarang jadi orang tua harus lebih kreatif ya untuk mengimbangi pemikiran anak-anak zaman sekarang. Gimana punya anak di tahun-tahun mendatang, mesti lebih menantang. hehe
lafatah wrote on Dec 31, '11
So that's why saya selalu penasaran celetukan apa lagi yang dilontarkan oleh anak Mbak Gita Lovusa, si Chacha, juga dua anak Mbak Dian Mardi, si Alfan dan Abyaz.
Soalnya, kreatif dan thought provoking :D
amathonthe wrote on Dec 31, '11
lafatah said
Hahahaha... Pemikiran si bocah cukup bikin berpikir yak! Cerdasss...
Iya Tah, ada banyak lagi kelakar mereka yang mengejutkan.
lafatah wrote on Dec 31, '11
Hahahaha... Pemikiran si bocah cukup bikin berpikir yak! Cerdasss...


No comments: