Thursday 27 September 2012

Magic Bus Day#9 : Mahasiswi Berdarah Merah


Dec 25, '10 7:25 PM
for everyone

6 dan 9 terkadang membingungkan. Itu bila kau melihat dari sisi yang salah. Jangan terlalu percaya pada mata, mungkin itu yang saya tangkap dari angka 6 dan 9. Mungkin terkadang kita harus belajar melihat dari sisi sebaliknya, untuk mengetahui yang benar.

Suatu siang, seorang gadis berkulit coklat.Dalam sebuah bus menuju suatu tempat. Terlalu malas dia beranjak dari tempat duduknya. Hanya untuk sekedar memberi senyum pun dia malas.

Saya terus memikirkan dia. Apa gerangan yang membuat si gadis bosan setengah mati. Tak biasanya dia begitu.

Hari itu, saat si gadis duduk, bus ini penuh sekali. Sama seperti si gadis, saya cuma melihat kerumunan orang-orang berpegangan, berdesakkan. Tapi tiba-tiba si gadis berdiri, dan mempersilahkan seorang ibu sepuh mengambil tempatnya.

Kejadian itu rupanya berdampak sebuah komentar aneh.

Secara tiba-tiba saya mendengar seorang bapak, "Anda Mahasiswi berdarah merah ya?"
Maksud bapak?, tanya si gadis heran dan hendak tertawa. Tidak biasanya seorang perempuan mau merelakan tempat duduknya untuk perempuan lain, jawab bapaknya. Seperti di iklan sebuah rokok, Tunjukkan Merahmu. Lanjut bapaknya. Tidak juga pak, banyak juga perempuan yang begitu, sangkal si gadis.

Anehnya, suara hati si gadis terlihat oleh saya. Kalau darah saya tidak merah, memangnya mau warna apa darah saya?. Yang pasti bukan darah biru. Bapak yang aneh. Begitu kata si gadis. Bapak tidak tau ya, dari tadi begitu banyak  perempuan sepuh naik bis ini, tapi tidak saya berikan tempat duduk saya. Ini hanya karena saya sudah mau sampai tujuan saya. Ah saya malu bapak. Si gadis masih menggerutu dalam hatinya.

Si bapak, menelpon, menyuruh mahasiswa demo pada pak dosen karena tidak hadir dikelas. Saya pertajam indera dengar, tapi terlalu banyak seliweran suara lain. Dan sepertinya si bapak adalah mantan aktifis mungkin di eranya.

Si gadis turun, kemudian tersenyum bingung. Mahasiswi berdarah merah. Sampai sekarang si gadis masih memikirkan deretan kalimat itu.
Sponsored Links
Low Prices on Shoes, Jewelry, Clothing, Food, Accessories, T-Shirts, Electronics and much more. Safe Shopping from friendly, trusted sellers. Great deals on local items.
 

8 CommentsChronological   Reverse   Threaded
Add a Comment
   
amathonthe wrote on Dec 26, '10
@Mba Tin,hehehe iya mbak mungkin itu maksud bapaknya
tintin1868 wrote on Dec 26, '10
hayooo berdarah emang merah kan? berjiwa muda maksudnya kali itu bapak..
amathonthe wrote on Dec 26, '10
@Mbah, hehe matur nuwun Mbah
farikhsaba wrote on Dec 26, '10
Nice story...
amathonthe wrote on Dec 25, '10
Ayooooo.....pake baju meraah
riodevriza wrote on Dec 25, '10
buktikan merahmu
amathonthe wrote on Dec 25, '10
Hahaha kali-kali ya...wkwkww
puritama wrote on Dec 25, '10
like this simple moment :))
dia malas tersenyum karena kuatir nongolin taring kali, mbak... ^^

No comments: